service 12000 jam

Service 12000 jam atau 2 tahun SAS75S

Service 12000 jam ( 2 tahun ) Kompresor

Setelah sebelumnya kami menulis service 6000 jam atau 1 tahun Kompresor SAS75S, maka sekarang kami akan menulis service 12000 jam atau 2 tahun.

Pelayanan (service) pada kompresor SAS75 atau kompresor apapun perlu dilakukan secara teratur untuk memastikan kinerja yang optimal, mencegah kerusakan yang lebih serius, dan memperpanjang umur pakai kompresor. Namun, perlu diingat bahwa angka service 12.000 jam adalah perkiraan dan bisa bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti kondisi operasional, lingkungan kerja, dan pemeliharaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Berikut beberapa langkah yang dapat diambil dalam melakukan service 12000 jam pada kompresor SAS75 setelah mencapai 12.000 jam:

1. **Pemeriksaan Umum**: Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap seluruh komponen kompresor, termasuk sistem pendinginan, pelumasan, dan bagian mekanis lainnya. Periksa adanya kebocoran, aus, atau kerusakan pada bagian-bagian kritis.

2. **Penggantian Suku Cadang**: Ganti suku cadang yang aus atau rusak, seperti filter udara, filter oli, sabuk penggerak, dan segel-segel yang mungkin perlu diganti setelah pemakaian tertentu.

3. **Pemeriksaan Sistem Pelumasan**: Periksa sistem pelumasan untuk memastikan minyak pelumas mencukupi dan berkualitas baik. Ganti minyak pelumas sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen.

4. **Pembersihan**: Bersihkan bagian-bagian kompresor dari kotoran, debu, dan kerak yang dapat mengganggu kinerja. Pastikan jalur udara dan sistem pendinginan bebas dari penyumbatan.

5. **Kalibrasi**: Jika kompresor dilengkapi dengan pengaturan atau kontrol kinerja, pastikan untuk mengkalibrasi ulang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan.

6. **Pengujian Performa**: Lakukan pengujian performa untuk memastikan kompresor beroperasi sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. Periksa tekanan keluaran, konsumsi energi, dan faktor-faktor lain yang relevan.

7. **Pemeliharaan Rekam Jejak**: Catat semua pekerjaan perawatan yang telah dilakukan, termasuk tanggal dan jenis layanan yang telah dilakukan. Ini akan membantu dalam pemantauan dan perencanaan pemeliharaan di masa depan.

Penting untuk mengacu pada panduan dan rekomendasi yang disediakan oleh produsen kompresor, serta melibatkan teknisi yang berpengalaman dalam melakukan service 12000 jam pada kompresor SAS75. Hal ini akan membantu memastikan bahwa perawatan dilakukan dengan benar dan kompresor tetap berkinerja optimal.

Untuk sparepart yang harus diganti ada 24 items, 8 items (6 kelompok) termasuk service 6000 jam dan 16 items ( 7 kelompok) tambahannya diantaranya :

  1. Filler port O-ring
  2. PCV Piston
  3. Unloader O-ring
  4. VR O-ring
  5. VR Valve seat
  6. Oil level gauge assy
  7. Oil level gauge O-ring

Filler port O-ring

Items selanjutnya yang akan diganti pada service 12000 jam : Filler port O-ring adalah cincin karet yang digunakan sebagai segel atau gasket pada bagian filler port (port pengisian) pada suatu perangkat, komponen, atau mesin. Filler port adalah tempat di mana cairan, seperti minyak, bahan bakar, atau cairan lainnya, diisi atau dituangkan ke dalam suatu wadah atau sistem.

O-ring adalah segel elastomer (karet) yang dirancang untuk mengisi celah antara dua permukaan atau bagian yang saling berhubungan, membentuk segel kedap udara dan cairan. Pada filler port, O-ring ditempatkan di sekitar lubang pengisian untuk mencegah kebocoran cairan atau udara saat pengisian dilakukan.

Fungsi utama dari filler port O-ring adalah untuk menjaga kekedapan pada tempat pengisian dan mencegah kebocoran yang tidak diinginkan. O-ring ini merapat rapat ketika filler port ditutup, membentuk segel kedap udara dan cairan yang mencegah cairan atau udara keluar atau masuk dengan tidak sengaja.

Penggunaan filler port O-ring sangat penting untuk menjaga keandalan dan efisiensi sistem yang menggunakan cairan atau bahan bakar. Jika filler port O-ring rusak atau aus, dapat menyebabkan kebocoran yang dapat merusak komponen atau menyebabkan masalah operasional. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kondisi filler port serta mengganti O-ring secara berkala sangat dianjurkan sebagai bagian dari perawatan yang teratur.

PCV (Positive Crankcase Ventilation) Piston

Items selanjutnya yang akan diganti pada service 12000 jam : PCV (Positive Crankcase Ventilation) Piston adalah komponen dalam mesin pembakaran internal yang berfungsi untuk mengatur aliran udara dan uap oli dari ruang crankcase (tempat minyak mesin terletak) ke dalam sistem intake udara mesin. Ini adalah bagian dari sistem pengaturan emisi dan memainkan peran penting dalam menjaga tekanan positif dalam crankcase dan mengurangi emisi gas berbahaya ke lingkungan.

Fungsi utama dari PCV Piston adalah:

1. **Pengaturan Tekanan Karter**: PCV Piston membantu menjaga tekanan positif dalam crankcase dengan mengalirkan uap oli dan uap gas berbahaya lainnya keluar dari crankcase. Ini membantu mencegah penumpukan tekanan berlebih di dalam crankcase yang dapat menyebabkan kebocoran minyak dan masalah lain.

2. **Pengurangan Emisi**: PCV Piston membantu mengarahkan uap oli dan gas berbahaya yang terbentuk dalam crankcase ke dalam sistem intake udara mesin, di mana mereka akan terbakar bersama dengan campuran udara-bahan bakar. Ini membantu mengurangi emisi polutan yang dilepaskan ke udara.

3. **Pencegahan Kontaminasi Oli**: Dengan menghilangkan uap uap oli dari crankcase, PCV Piston membantu menjaga kualitas oli mesin dengan mencegah akumulasi kotoran dan kotoran di dalam crankcase.

4. **Pengurangan Kondensasi**: PCV Piston membantu mengurangi kondensasi uap air dalam crankcase, yang dapat merusak minyak dan komponen lain dalam mesin.

PCV Piston biasanya terdiri dari katup atau komponen yang dapat bergerak untuk mengatur aliran udara dan uap oli. Penting untuk memastikan bahwa PCV Piston berfungsi dengan baik untuk menjaga efisiensi mesin, mengurangi emisi, dan menjaga kualitas oli. Jika PCV Piston mengalami masalah, seperti macet atau bocor, dapat menyebabkan masalah operasional dan emisi yang tidak diinginkan. Perawatan dan penggantian PCV Piston secara berkala penting untuk menjaga kinerja mesin yang optimal.

Unloader O-ring

Items selanjutnya yang akan diganti pada service 12000 jam : Unloader O-ring adalah cincin karet yang digunakan sebagai segel atau gasket pada komponen unloader valve (katup bongkar muat) pada kompresor atau mesin. Unloader valve adalah katup yang digunakan untuk mengalihkan aliran udara atau cairan dari sistem saat dalam kondisi bongkar muat (unload), yang bertujuan untuk mengurangi beban kerja dan konsumsi energi.

Fungsi utama dari Unloader O-ring adalah untuk menjaga segel kedap udara atau cairan di sekitar unloader valve. O-ring ini membantu mencegah kebocoran udara atau cairan dari sistem saat unloader valve membuka dan menutup.

Jika Unloader O-ring rusak atau aus, itu dapat menyebabkan kebocoran udara atau cairan saat katup unloader beroperasi, yang dapat mengganggu kinerja sistem dan bahkan menyebabkan masalah operasional pada kompresor atau mesin. Oleh karena itu, menjaga Unloader O-ring dalam kondisi baik dan mengganti jika diperlukan merupakan bagian penting dari perawatan yang teratur pada kompresor atau mesin.

Baca juga : O-ring sebagai penyegel kompresor udara

VR O-ring

Items selanjutnya yang akan diganti pada service 12000 jam : VR O-ring adalah cincin karet yang digunakan sebagai segel atau gasket pada komponen VR (Vacuum Regulator) atau Valve Regulator pada sistem vakum atau sistem regulasi tekanan. VR O-ring berfungsi untuk menjaga segel kedap udara atau cairan di sekitar komponen VR, membantu mencegah kebocoran dan menjaga stabilitas tekanan atau vakum dalam sistem.

Fungsi utama dari VR O-ring adalah untuk memastikan bahwa komponen VR beroperasi dengan baik dan menjaga tekanan atau vakum yang diatur. Ketika komponen VR bergerak atau terbuka-tutup, O-ring ini membantu mencegah udara atau cairan keluar atau masuk ke dalam sistem.

Seperti halnya dengan O-ring pada komponen lain, VR O-ring yang rusak atau aus dapat menyebabkan kebocoran yang dapat mengganggu kinerja sistem dan menyebabkan masalah operasional. Oleh karena itu, menjaga VR O-ring dalam kondisi baik dan mengganti jika diperlukan merupakan bagian penting dari perawatan yang teratur pada sistem vakum atau sistem regulasi tekanan.

VR Valve Seat

Items selanjutnya yang akan diganti pada service 12000 jam : VR Valve Seat mengacu pada bagian dalam katup atau klep (valve) pada mesin pembakaran internal, yang berfungsi sebagai tempat untuk dudukan katup. Ini adalah permukaan datar atau cembung tempat katup bersandar dan membuat kontak yang baik untuk mengontrol aliran fluida (udara atau bahan bakar) ke dalam dan keluar dari ruang bakar mesin.

Fungsi utama dari VR Valve Seat adalah:

1. **Membentuk Penutupan Kedap Udara**: Saat katup ditutup, VR Valve Seat memberikan permukaan yang rata atau cembung untuk menutup rapat ruang bakar, mencegah kebocoran udara atau gas.

2. **Menyediakan Kontrol Aliran Fluida**: Ketika katup dibuka, VR Valve Seat memberikan jalur yang tepat untuk aliran udara atau bahan bakar ke ruang bakar, memungkinkan mesin berfungsi dengan baik dan efisien.

3. **Meningkatkan Efisiensi Pembakaran**: Desain yang tepat dari VR Valve Seat membantu menciptakan aliran udara atau bahan bakar yang baik ke dalam ruang bakar, yang dapat meningkatkan efisiensi pembakaran dan kinerja mesin.

4. **Mencegah Gesekan Berlebihan**: Permukaan VR Valve Seat yang halus membantu mengurangi gesekan antara katup dan dudukannya, memungkinkan gerakan katup yang mulus dan mengurangi keausan yang tidak perlu.

VR Valve Seat biasanya terbuat dari material yang tahan terhadap suhu tinggi, tekanan, dan aus, seperti paduan logam atau bahan keramik yang tahan panas. Penting untuk menjaga VR Valve Seat dalam kondisi yang baik agar katup berfungsi dengan benar dan kinerja mesin tetap optimal. Jika VR Valve Seat mengalami keausan atau kerusakan, mungkin perlu diganti atau diperbaiki untuk menjaga performa mesin yang baik.

Baca juga : Fungsi Oli pada kompresor

Oil level gauge assy

Items selanjutnya yang akan diganti pada service 12000 jam : “Oil level gauge assy” adalah singkatan dari “Oil Level Gauge Assembly” dalam bahasa Inggris. Ini merujuk pada seluruh perangkat atau kumpulan komponen yang membentuk indikator atau pengukur level minyak dalam suatu mesin atau sistem.

Fungsi utama dari “Oil Level Gauge Assy” adalah untuk memberikan informasi visual kepada operator atau pengguna tentang seberapa banyak minyak yang ada dalam mesin atau sistem. Ini sangat penting karena level minyak yang tepat diperlukan untuk menjaga pelumasan yang optimal dan kinerja yang baik dalam mesin.

Komponen yang mungkin termasuk dalam “Oil Level Gauge Assy” meliputi:

1. **Gauge (Indikator)**: Ini adalah bagian yang menunjukkan level minyak. Ini bisa berupa jarum yang bergerak pada skala atau indikator digital.

2. **Float (Pelampung)**: Beberapa sistem menggunakan pelampung yang mengapung di atas permukaan minyak untuk mengukur levelnya.

3. **Tube (Tabung)**: Bagian ini dapat terhubung dengan bagian dalam mesin atau sump minyak dan memiliki cairan yang naik dan turun sesuai dengan level minyak.

4. **Seal (Segel)**: Komponen yang menjaga agar minyak tetap tertahan dalam sistem dan mencegah kebocoran.

5. **Mounting Bracket (Bracket Pemasangan)**: Struktur yang menahan komponen-komponen tersebut di tempat.

Komponen-komponen ini bekerja sama untuk memberikan informasi yang akurat tentang level minyak, yang penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja mesin serta mencegah kekurangan atau kelebihan minyak yang dapat berdampak negatif pada operasi mesin.

Oil level gauge O-ring

Selanjut nya items part yang perlu diganti : service 12000 jamOil level gauge O-ring adalah cincin karet yang digunakan sebagai segel atau gasket pada komponen oil level gauge (pengukur level minyak) pada mesin atau sistem. O-ring ini ditempatkan di antara komponen-komponen oil level gauge, seperti tabung pengukur dan baut penutup, untuk mencegah kebocoran minyak atau udara dari sistem.

Fungsi utama dari oil level gauge O-ring adalah untuk menjaga segel kedap udara atau minyak di sekitar komponen oil level gauge. O-ring ini membantu mencegah kebocoran yang dapat merusak atau mengganggu operasi mesin.

Jika oil level gauge O-ring rusak, aus, atau tidak berfungsi dengan baik, dapat menyebabkan kebocoran minyak atau udara dari sistem, yang dapat mengganggu pengukuran level minyak yang akurat dan bahkan menyebabkan masalah operasional pada mesin. Oleh karena itu, menjaga oil level gauge O-ring dalam kondisi baik dan mengganti jika diperlukan merupakan bagian penting dari perawatan yang teratur pada mesin atau sistem.

Kontak kami

Hubungi kami untuk konsultasikan kompresor anda.

Tlp. 6221 279 323 31
wa :+62 859-5922-9660
wa : +62 821-1226-5464
Email : minaabadi.mekanika@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *